Ternyata berkomunikasi tidak semudah yg orang kira. Perpecahan, perang, konflik, kehilangan pelanggan, teman, anggota komunitas, dan kegagalan mencapai tujuan organisasi seringkali adalah hasil sebuah proses komunikasi yg kurang berhasil. Penelitian menyatakan bahwa 70% kesalahan di dunia kerja adalah hasil dari komunikasi yg buruk. Memang komunikasi yg baik mengandaikan sebuah kedewasaan pribadi dan kemampuan berempati.
Setiap kita umumnya berjuang untuk mewujudkan spiritualitas tarekat lahir-batin, melalui kata-kata dan tindakan. Dan ini merupakan pergulatan kita setiap hari baik didalam maupun diluar komunitas. Semangat kasih dan damai itu mesti nyata dalam perbuatan dan melalui pilihan kata yg kita pakai setiap hari. Kata-kata yg menentramkan, mendamaikan, memberi kesejukan dan menciptakan suasana damai. Karena ketrampilan berkomunikasi tidak jatuh dari langit, baik kita mencoba belajar dari beberapa ahli di bidang komunikasi.
Lalu saya jadi punya ide untuk memakai MEDIKOM sbg sarana untuk mensharingkan beberapa materi praktis dari buku-buku manajemen. Berikut ini sebuah presentasi tentang komunikasi efektif yg disarikan dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat buat kita semua. Caritas et Pax.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar